WELCOME TO MY BLOG MENGIKUTI MATERI TRENNING MTCRE SRI MUHARNIK: MENGIKUTI MATERI TRENNING MTCRE

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Senin, 02 April 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb
 
 
Selamat sore, kali ini saya akan mempubikasikan kegiatan saya kali ini yaitu mengikuti kegiatan tranning MTCRE di tempat prakerin saya.

PENGERTIAN
   
   Mikrotik adalah perusahaan kecil berpusat di  latvia, yang dibentuk oleh John Trlly dan Arnis rieskstins.
 
LATAR BELAKANG
   Sejarah
 Pada Tahun 1996 John dan Arnis memulai sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W_LAN) Aeronet berkecepatan 2 Mbps di Moldova .Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di latvia ,karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh Dunia.Prinsip dasar Mikrotik bukan membuat wireless ISP(WISP) ,tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh Dunia.Hingga kini Mikrotik telah melayani sekitar empat ratusan pelangganya.
Latar belakang saya mempublikasikan postingan ini adalah untuk berbagi pengalaman selama saya prakerin kepada para pembaca.

dan latar belakang saya mengikui trainning Mikrotik ini adalah saya ingin mendalami di dunia networking dan jaringan, dan juga untuk menambah pengetahuan dan pengalaman saya yg pastinya untuk mendapatkan sertifikatnya.
 
MAKSUD DAN TUJUAN
   Maksud dan tujuan saya mengikuti kegiatan trainning ini adalah agar saya juga bisa mendapatkan materi MTCRE dari trainner walaupun saya tidak lulus MTCNA tetapi saya butuh materi MTCRE ini.
 
ALAT DAN BAHAN
  •   Laptop
  •   Mikrotik Routerboard hAp
  •   Modul MTCNA BLC Telkom Klaten
  •   Referensi

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
    pukul 09.00-18.00 WIB

URAIAN KEGIATAN

Foto Dokumentasi Kegiatan:

Materi MTCRE yang di bahas meliputi :
- Routing Static dan Dynamic
- ECMP
- OSPF

ROUTING

MTCRRE =
• Failover
• Distance dan check-gateway
• routing policy(LOAD-SHARING)
• Routing-mark
• ECMP
• Recoursive Routing

LAB

R1=
/interface bridge add name=dummy-netwrk
/ip address add address= 1.1.1.1/32 interface= dummy-network


R2=
/ip route add dst-address=1.1.1.1/32 gateway=192.168.12.1

R4=
/ip route add dst-address=1.1.1.1/32 gateway= 192.168.14.1


R3=
/ip firewall mangle add chain= prerouting dst-address=1.1.1.1/32 in-interface= etherx actin=mark-routing new-routing-mark-traffic-ke-dummy

/ip route set x routing-mark=traffic-ke-dummy

verifikasi =
PC3=

tracerute ke 192.168.1.2 (PC1)
traceroute ke 1.1.1.1


• ECMP
Equal cost Multiple path Cload balancing)
• gatewey > 1

HASIL YANG DIDAPATKAN Hasil yg saya dapatkan yaitu bisa bertemu dengan pak sobri dan bisa mengenal dunia jaringan lebih dalam lagi.

TEMUAN PERMASALAHAN
  Terkadang kita di suruh ngeLAB jadi disini kita tidak hanya membahas materi tetapi juga langsung di praktekkan, dan saya jarang ikut ngeLAB karena saya belum paham materi dasarnya dll.

KESIMPULAN YANG DIDAPATKAN
Belajar memang tidak akan pernah ada batasnya begitupun membaca karena dengan semakin banyak kita tahu maka semakin kita mengetahui bahwa kita semakin kurang dalam pengetahuan dan tidak akan pernah merasa puas dengan apa yg sudah kita pahami dan ketahui saat ini karena kita masih penasaran.
 
REFERENSI: Dari trainner yaitu pak ziad sobri dan
                    Ebok MTCRE yg di berikan oleh pak ziad sobri.
 
Sekian yang dapat saya sheringkan dan evaluasi hari ini semoga dapat bermanfaat.
 
WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb 
 

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //