WELCOME TO MY BLOG Struktur Sistem Operasi Linux SRI MUHARNIK: Struktur Sistem Operasi Linux

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Sabtu, 20 Januari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb



Selamat Sore, kali ini saya akan memperkenalkan Struktur Sistem Operasi Linux kepada para pembaca, pengguna linux, dan tentunya kepada saya sendiri karena ini perlu bagi pengguna linux baiklah langsung saja mari kita kenali struktur linux bersama-sama.
PENGERTIAN
Struktur sistem operasi adalah Sistem operasi modern merupakan suatu sistem
yang besar dan kompleks sehingga strukturnya harus dirancang dengan hati-hati
supaya dapat berfungsi seperti yang diinginkan serta dapat dimodifikasi dengan
mudah.

LATAR BELAKANG

Latar Belakang saya mempublikasikan postingan ini yaitu untuk shering kepada pembaca dan untuk mengevaluasi pengeahuan saya sebagai pengguna linux saya harus mengenali terlebih dahulu struktur sistem operasinya.
BATASAN PERMASALAHAN

Saat saya mengupdate dan mengupgrade linux saya sering terjadi error.

Hasil Yang Saya Harapkan

Dengan saya mengenali struktur sistem operasi linux semoga saya bisa mengenal linux lebih dalam lagi dan dapat mengerti sistem operasi yg satu ini, dan jika terdapat troubleashooting pada sistem operasi saya saya dapat menangananinya dengan mudah.

PEMBAHASAN

Struktur Sistem Operasi Linux seperti gambar di bawah ini.




 
1.Kernel adalah Adalah program komputer yang merupakan inti pusat dari
komputer sistem operasi . Memiliki kontrol penuh atas segala sesuatu yang terjadi
dalam sistem. [1] Dengan demikian, itu adalah program pertama dimuat pada
startup, dan kemudian mengelola sisa startup, serta input / output permintaan dari software , menerjemahkannya ke dalam pengolahan data instruksi untuk unit
pengolahan pusat.


Fungsi dari kernel sendiri ialah :

● Central processing unit
● Random-access memory
● Input / output (I / O) perangkat

2. Shell adalah salah satu jenis program asli sistem operasi (seringnya merupakan
program yang terpisah dari inti sistem operasi) yang menyediakan komunikasi
langsung antara pengguna dan sistem operasi. Contoh dari kekerang adalah
COMMAND.COM dalam MS-DOS, Macintosh Finder (Macintosh), Windows
Explorer, Command Prompt/cmd.exe, PowerShell dalam Microsoft Windows,
Bourne shell, C shell, Korn shell dan masih banyak lainnya khususnya dalam
keluarga sistem operasi UNIX.UNIX shell menyediakan sekumpulan instruksi
khusus yang dapat digunakan untuk membuat program shell script.

3. Aplikasi (aplication software) adalah program-program yang dibuat oleh user,
untuk memenuhi kebutuhuannya sendiri. Program-program ini dapat dibuat
dengan menggunakan sejumlah utilitas, perintah built-in milik shell, atau
dibangun dengan bahasa pemrograman.Bisa juga berupa program pake yang
dibeli dari pemasok perangkat lunak.


REFERENSI: https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_sistem_operasi
 

Sekian yang dapat saya sheringkan hari ini semoga ini dapat bermanfaat untuk para pembaca dan untuk saya sendiri sebagai pengguna sistem operasi open source yg satu ini.

WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb 

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //