WELCOME TO MY BLOG Install wine di linux mint melalui software manager SRI MUHARNIK: Install wine di linux mint melalui software manager

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Senin, 19 Maret 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb



Selamat sore, kali ini saya akan shering tutorial untuk menginstal wine di linux mint dengan lebih mudah.

PENGERTIAN

Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windows yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib.

Wine adalah perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Proyek Wine pada mulanya merilis Wine di bawah lisensi MIT sama seperti sistem X-Windows, tetapi pada Maret 2002 menggunakan LGPL sebagai lisensinya.

LATAR BELAKANG

Latar belakang saya menginstall aplikasi ini adalah agar saya bisa menjalankan aplikasi yg memiliki format exe yaitu aplikasi windows.

Nama "Wine" merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagai Windows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk "WINE" dan "wine", pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai "Wine".

Fungsi Wine

Wine adalah aplikasi pembantu linux yang berfungsi untuk membantu anda jika ingin menjalankan aplikasi windows di linux (bukan dual boot atau virtual PC). Format aplikasi windows adalah .exe (mungkin yang lain tidak).
MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan saya menginstall aplikasi wine adala agar saya bisa menjalankan aplikasi yg berformat exe di sistem perasi saya terutama winbox.
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Kira-kira 15 menit
PROSES TAHAPAN PELAKSANAAN
Pertama pastikan linux kalian sudah bisa di update upgrade, lalu kalian ke menu ketikan di kolom search software manager lalu enter.

Setelah kalian sudah masuk di software manager, selanjutnya kalian ketikan wine di kolom search lalu enter.


Kemudian kalian klik install.


Lalu kalian pilih install dan lanjutkan dengan mengklik continue


Nah, lalu kalian ketikan password kalian dan kalian klik Authenticate, lalu tunggu sampai prosess penginstallan selesai.


Nah kalau sudah muncul gambar seperti di bawah ini berarti penginstallan kalian telah selesai. 



Sekarang kita tinggal mengupdate atau menginstall ulang wine kita supaya bisa digunakan dengan maksimal.


HASIL YANG SAYA DAPATKAN

Saya dapat menjalankan aplikasi yg berformat exe di sistem operasi saya.

REFERENSI: https://id.wikipedia.org/wiki/Wine_(perangkat_lunak)

Sekian yg dapat saya sheringkan hari ini semoga dapat bermanfaat.

                            

                              WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //