WELCOME TO MY BLOG Pengertian dan setting pointing ubiquiti SRI MUHARNIK: Pengertian dan setting pointing ubiquiti

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Minggu, 18 Maret 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb


Selamat malam, kali ini saya akan mempublikasikan kegiatan saya hari ini yaitu menyetting Access Point dan station ubiquiti.

PENGERTIAN

Ubiquiti adalah salah satu perangkat yang biasanya digunakan pada jaringan di bawah server, jadi setiap pembangunan tower atau tiang di indonesia terkadang menggunakan Ubiquiti.


LATAR BELAKANG

Latar belakang saya mempublikasikan postingan ini adalah untuk shering pengalaman saya dan teman-teman dalam menyetting access point dan station untuk persiapan mengikuti srintexdess progam dalam memajukan sebuah desa menjadi desa IT.

MAKSUD DAN TUJUAN

maksid dan tujuan saya ikut dalam penyettingan ubiquiti adalah agar saya bisa mengerti dan ada pengalaman yg bisa saya terapkan di sebuah desa.

HASIL YANG SAYA HARAPKAN

Semoga saya bisa mengimplementasikannya di sebuah desa terutama di desa saya.

ALAT dan BAHAN
  • 2 X Ubiquiti Device
  • 4 X LAN
  • 1 Laptop / PC
  • 2 X PoE Ubiquiti 

PEMBAHASAN

Di sini kan ada 2 alat.
Alat yang pertama kita setting sebagai Acces Point/AP (server) dan alat yang ke dua kita setting sebagai Station (client). Dalam penyetingan nya kita gunakan IP yangg berbeda, tetapi dengan Network yang sama! kita ,menggunakan IP yang berbeda itu dengan tujuan supaya tidak tabrakan data dan tidak menghambat proses pengiriman data.

1. Definisi Access Point

 

Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.
Wireless Access Point (WAP/AP) adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.
2. Fungsi Access Point
Access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya.

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN
Sekitar 5 jam beserta penjelasanya
PROSES TAHAPAN PELAKSANAAN

Seperti biasa kita buat Network nya (UBNT) dengan Address>>192.168.1.2 Netmask>>/24 Gateway>>192.168.1.20 , kenapa kita buat gateway 192.168.1.20 karena itu merupakan geteway defaultnya ubiquiti.

Lalu kita coba PING Gateway di Terminal yang sudah kita buat tadi di Network.
 Apabila sudah berhasil, berati kita sudah bisa mulai menyeteng ubiqitinya yg mode AP (Access Point) terlebih dahulu






 Kemudian baru kita tuliskan IP yang tadi di PING di Terminal masukan ke Browser.
Nah kita buat Username & Password  untuk Login , jangn lupa kita kan Nyetting nya di Indonesia jadi harus milih Indonesia, Setelah itu Login.


 
 
 Setelah itu kita masuk dan pilih Menu System.
Device Name nya AP karena ini akan di setting menjadi access point dan ini akan memudahkan kalian kalau terjadi troubleshotting.
Waktunya juga jangan lupa diatur  sesuai daerah nya masing-masing dan disini saya setting di Jakarta.
Enable nya di Ceklis dan Tanggal nya juga diisi sesuai tanggal kalian menyeting.


Masuk ke Wireless.
Mode nya kita kasih Acces Point, karena di Alat yang pertama kita akan menjadikan sebagai AP
Enable yang disini kita ceklis
SSID nya itu kita mau ngasih nama apa untuk wifi yang akan kita buat itu dan usahakan Frequensinya di atur supaya tidak terjadi tabrakan Chanel dengan chanel yang lain.
Security nya kita ganti jadi WPA2-AES
Password nya kita isi  untuk wifi.





Sekarang kita Masuk ke Logo nya untuk Menceklis Enable dan untuk mengisi Air View Portnya menjadi 12121 di change lalu kita Apply

 

Penyetingan untuk Acces Point sudah beres dan kemudian sekarang kita lakukan penyetingan untuk Alat kedua  untuk di jadikan Station.

kita ketikan ip default gateway nya dulu di browser 192.168.1.20 lalu kita login sesuai settingan yg sudah kita setting saat pertama kali masuk.




 Setelah itu kita masuk dan pilih Menu System.
Device Name nya st karena ini akan di setting menjadi station dan ini akan memudahkan kalian kalau terjadi troubleshotting.
Waktunya juga jangan lupa diatur  sesuai daerah nya masing-masing dan disini saya setting di Jakarta. dan Tanggal nya juga diisi sesuai tanggal kalian menyeting.




setelah itu kita masuk ke Network untuk mengubah ip nya agar tidak bertabrakan dengan ip yg sudah kita setting di AP kita buat ip nya menjadi 192.168.1.25


setelah itu kita coba ping ip yg sudah kita ubah di terminal apakah sudah tersambung apa belum ping 192.168.1.25



nah kalau sudah bisa di ping berarti sudah tersambung, sekarang kita ke browser dan ketikan ip 192.168.1.25 untuk memulai menyeting station nya.


lalu kita masuk ke wireless mode nya kita ganti jadi Station karena kita akan nyeting nya sebagai Client. SSID nya kita select dan cari wifi yg sudah kita setting di AP tadi.
setelah itu kita masukkan passwordnya sesuai yg sudah kita setting di AP tadi yaitu 987654321.



lalu klik logo Air View Portnyakita ubah sesuai yg di AP tadi menjadi 12121, dan airMAX Priority nya kita ubah menjadi High kita Change lalu Apply.

sekarang kita coba ping 8.8.8.8 di terminal untuk memastikan apa station kita sudah mendapat koneksi dari si AP apakah PTP kita sudah berhasil.


Nah ternyata sudah bisa untuk memastikannya lagi kita coba buka browser dan kita buka Google kalau bisa berarti laptop kita sudah terkoneksi ke internet berarti PTP kita sudah berhasil.


Reset
Apabila ingin mereset, kita masuk ke System>>Reset. ada di bagian bawah!!
dan pilih Yes Reset, dan diamkan dulu loading nya berjalan jangan sampai di close karena yang di takutkan itu macet di tengah jalan dan akan menimbulkan kerusakan pada alat.


HASIL YG DI DAPATKAN

Saya jadi tahu cara setting pointing dan bisa saya implementasikan di mana saja.
PENEMUAN PERMASALAHAN
Saya kan menyetting nya di bawah jadi ngatur channelnya gampang, tapi nanti kalau sudah di pasang di thower saya masih bingung kan kalau sudah di atas pasti lebih banyak channell lagi jadi apa harus di setting di atas thower?
KESIMPULAN

Pelajarilah dasarnya terlebih dahulu sebelum kalian mengkonfigurasi jadi jika terjadi troubleshooting lebih mudah kalian atasi karena kalian sudah mengetahui konsepnya, dan jangan bilang sulit sebelum kalian coba, cobalah kendalikan ketakutan kalian ke hal yg lebih positif.
REFERENSI:
Ebok MTCNA 2012 dan dari teman saya yg sudah pernah menyetting ubiquiti yg katanya sudah di pandu oleh pembimbing kami langsung.

Sekian yg dapat saya sheringkan hari ini semoga dapat bermanfaat.

WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //