WELCOME TO MY BLOG Sistem Operasi SRI MUHARNIK: Sistem Operasi

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Sabtu, 24 Februari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb





Selamat Sore, kali ini saya akan mempublikasikan mengenai sistem operasi, baiklah silahkan disimak.

PENGERTIAN

Operating system adalah sekumpulan perangkat lunak yang berada diantara
program aplikasi dan perangkat keras. Sistem operasi merupakan penghubung
antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. termasuk dalam menjalankan software aplikasi misalnya program-program pengolah data untuk mempermudah kegiatan manusia.
  
LATAR BELAKANG

Latar belakang saya mempublikasikan postingan ini yaitu agar saya bisa shering kepada kalian para pembaca, dan juga untuk mengevaluasi pengetahuan dan diri saya.

HASIL YANG SAYA HARAPKAN

Hasil yg saya harapkan yaitu semoga dengan saya mempublikasikan postingan ini saya dapat mengevaluasi pengetahuan dan diri saya dan juga untuk shering kepada kalian.

PEMBAHASAN

Macam Sistem Operasi
 
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok :
Microsoft Windows
Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD, GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.
Sistem Mac OS

Perkembangan Sistem operasi
 
Generasi 1 (1945-1955)
Generasi ini merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik
sebagai pengganti sistem komputasi mekanik.
Generasi 2 (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang
dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.
Generasi 3 (1965-1980)
Sistem operasi pada generasi ini dikembangkan untuk melayani banyak
pemakai, dimana para pemakai berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke
komputer.
Generasi 4 (1980 – 2000-an)
Pada masa ini sistem operasi telah menggunakan Graphical User Interface
(GUI) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman dan
mudah digunakan.
Generasi Selanjutnya
Pada generasi ini diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah
Sistem Operasi dan Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak
seperti: PDA, Poket PC, Laptop, Notebook dan NetBook. Sistem Operasi
jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal
satu buah Sistem Operasi pada perangkat Server.

Arsitektur Sistem Operasi
 
Arsitektur system operasi 
merupakan arsitektur perangkat lunak
yang digunakan untuk membangun suatu perangkat lunak sistem operasi yang
akan digunakan dalam sistem komputer.
Arsitektur perangkat lunak adalah merupakan struktur-struktur yang
menjadikan landasan untuk menentukan keberadaan komponen-komponen
perangkat lunak, metode atau cara untuk mengelola (organisasi) komponen-
komponen tersebut untuk saling berinteraksi. Komponen tersebut merupakan
program-program bagian (prosedur, fungsi) yang akan dieksekusi oleh program
utama.

Sekian yang dapat saya sheringkan hari ini semoga ini dapat bermanfaat apabila ada kekurangan kalian bisa memberi evaluasi kepada saya melalui kolom komentar.

WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //