WELCOME TO MY BLOG Routing Static Menggunakan 2 buah router SRI MUHARNIK: Routing Static Menggunakan 2 buah router

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 28 Februari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb


Di postingan kali ini saya akan memosting kegiatan yg saya lakukan selama saya prakerin yaitu kofigurasi routing statik menggunakan 2 buah router, silahkan disimak terlebih dahulu.

PENGERTIAN
 Routing statik adalah bentuk routing yg terjadi pada saat router menggunakan entri routing yang dikonfigurasi secara manual , bukan informasi dari lalu lintas routing dinamis.
Latar Belakang
 Latar belakang saya melalukan konfigurasi ini yaitu saya ingin tau bagaimana laptop  yg berbeda network bisa saling terhubung, dengan menggunakan routing.
dan latar belakang saya memosting postingan ini yaitu saya ingin shering kepada teman-teman dan juga untuk mereview diri saya.

Alat Dan Bahan
  •  Kabel Straight
  • 2 buah router
  • 2 buah laptop
 Tahap Pelaksanaan
pertama kita ke network connections untuk menambahkan ip atau sebagai jalur penghubung antara laptop ke mikrotik kita, kita pilih Ethernet lalu Create.
lalu Device kita masukkan MAC addressnya.
Lalu kita buat ip static masukan ip sesuai dengan topologi yg telah kita rancang disini saya memakai ip address 192.168.25.5 dengan netmask 24 dan gateway nya 192.168.25.1, berarti patner saya memakai ip address 192.168.50.10 dengan netmask 24 dan gateway nya 192.168.50.1.
konekkan ke ip statik
lalu buka winbox kalian dan konekkan ke router kalian masing-masing.
Lalu kita masuk ke IP > Address.
Lalu kita masukkan ip gateway kita sebagai jalur penghubung antara router ke laptop kiata misalkan Address192.168.25.1/24 interface nya ether 2 karena kabel yg menghubungkan router kita ke laptop tertancap ke ethernet2, jangan lupa di apply lalu ok.

lalu kita add lagi masukkan ip yg digunakan untuk routing yaitu Address 10.1.1.4/24 interface nya kita pilih ether 3, karena kabel yg menghubungkan router saya dengan router patner saya tertancap di ether 3, berarti patner saya membuat ip 10.1.1.5/24 dan interfacenya di ethernet 3. oh ya jangan lupa di apply lalu ok.
ini saya sedang melalukan pengepingan dengan ip router patner saya dan sudah terhubung kenapa karena sudah 1 network dan satu subnet.
Nah utuk menghubungkan antara laptop kita perlu menyetingnya terlebih dahulu, kita masuk ke IP > Routes lalu kita add kita masukkan gateway patner saya yaitu 10.1.1.5 , berarti patner saya juga memasukkan gateway saya yaitu 10.1.1.4 agar bisa saling terhubung, jangan lupa di apply lalu ok.
nah ini selanjutnya kita tes ping di new terminal ping ip laptop patner kalian.
Nah untuk memastikannya lagi kita bisa ping ip patner kita melalui terminal di laptop kita , nah ini tandanya sudah terhubung.

Hasil yang saya dapatkan yaitu saya dapat terhubung ke router dan laptop patner saya.
Temuan permasalahan saya yaitu ini masih belum bisa connet ke internet, karena belum saya konfigurasi.
Kesimpulan yg saya dapatkan yaitu saya semakin salut dengan prodak dari mikrotik ini ,ini benar-benar sangat bermanfaat untuk perkembangan dunia networking.

REFERENSI https://en.wikipedia.org/wiki/Static_routing

Mungkin sekian yg dapat saya sheringkan hari ini semoga ini dapat bermanfaat untuk kalian , bisa kalian review dan bisa kalian kembangkan sekian dan

                           WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //