WELCOME TO MY BLOG Mikrotik Configuration PTP (Point To Point) SRI MUHARNIK: Mikrotik Configuration PTP (Point To Point)

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 21 Februari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

Selamat siang kawan, kemarin kan saya memosting konfigurasi untuk kita bisa konek ke internet menggunakan konfigurasi yg kemarin, kali ini saya akan mengkonfigurasi bagaimana router dan laptop kita bisa terkoneksi ke internet dengan cara yg lebih fleksibel atau simple yaitu dengan cara point to point.
PENGERTIAN
Point to Point (PPP) adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan.
Latar Belakang saya memosting postingan ini yaitu supaya saya bisa mengimplementasikan dan sekaligus mempraktekkan bagaimana caranya supaya router dan laptop kita bisa terkoneksi ke internet dengan konfigurasi Point-To-Point.

Maksud dan Tujuan
agar kita bisa terkoneksi ke internet.
ALAT DABN BAHAN
Mikrotik
Kabel Straight
Laptop
Tahap Pelaksanaan

pertama kita ke network connections untuk menambahkan ip atau sebagai jalur penghubung antara laptop ke mikrotik kita, kita pilih Ethernet lalu Create.
selanjutnya di  Ehternet ke Device kita masukkan MAC Address kita.
Lalu kita buat ip statik masukkan ip yg satu subnet atau satu network dengan ip router kita misalkan ip address 192.168.88.3 dengan netmask 29 dengan ip gateway 192.168.88.1 jangan lupa di save.



lalu kita lakukan hal yg sama seperti di atas namun kita kali ini membuat yg Automatic DHCP agar kita bisa secara otomatis mendapatkan ip addressnya.


Lalu kita konekkan ke ip static untuk membuka winbox kita.. bagi pengguna linux kalian bisa menginstall wine terlebih dahulu untuk membuka winbox yg memiliki format exe.

Lalu klik dua kali aplikasi winbox kalian untuk router board bagi kalian yg memilih router OS kalian bisa mengkonfigurasi router kalian melalui ssh atau telnet di terminal atau melalui webfig di browser.
Lalu kita masuk ke IP > Address.
Lalu kita masukkan ip gateway kita sebagai jalur penghubung antara router ke laptop kiata misalkan Address192.168.88.1/29 interface nya ether 2 karena kabel yg menghubungkan router kita ke laptop tertancap ke ethernet2, jangan lupa di apply lalu ok.

Selanjutnya kita ke Interfaces lalu aktifkan interface wlan 1.

Selanjutnya ketika wlan kita sudah aktif kita dooble klik lalu kita scan > start >selanjutnya kita pilih mana wifi atau hotspot yg mau kita point-to-point ketika sudah kita pilih selanjutnya kita Connectkan, dan dipostingan saya ini saya akan point-to-point dengan wifi Hotspot BLC Telkom 2.

selanjutnya kita ubah Modenya menjadi station mengapa mode station karena kita hanya menerima. selanjutnya kita Apply lalu OK.
Selanjutnya kita membuat IP> DHCP Client Kita Add out interfacenya wlan1.
Selanjutnya kita tunggu sampai bound, kalau sudah bound berarti kita sudah mendapatkan ip otomatis dari si server.

Selanjutnya kita buat DHCP Server, kita masuk ke IP> DHCP Server DHCP Setup interface ethernet2 lalu kita next.
Next
Next

Next

 Next
 Next
OK

Apabila success maka selesailah DHCP Server kita.

Lalu kita masuk ke IP > DNS jangan lupa kita centang Alow Remote Requests agar server bisa mendeteksi dan bisa memberi akses internet ke router kita. Jangan lupa di apply lalu ok.
 
Selanjutnya kita masuk ke IP > Firewall kita pilih NAT lalu kita Add Action nya masquerade fungsi dari masquerade sendiri adalah sebagai topeng.


Lalu ke General Out Interface wlan 1.
  
selanjutnya kita ubah koneksi kita dari static ke DHCP , agar laptop kita bisa mendapatkan ip dari server secara otomatis.
setelah di ubah ke DHCP kita buka browser dan kita harus login ke hotspot atau wifinya terlebih dahulu supaya kita bisa mendapatkan koneneksi ke internet. 
untuk memastikan apakah router kita sudah terhubung ke internet kita bisa ke


New Terminal lalu ping 8.8.8.8.
selanjutnya kita coba buka Browser dan coba buka google.com apabila bisa berarti konfigurasi kita sudah berhasil.
Hasil yang saya dapatkan yaitu saya bisa terkoneksi ke internet dengan lancar.
Temuan permasalahan saya yaitu biasanya di physicalnya yg kurang mendukung.
Kesimpulan yg saya dapatkan yaitu kita bisa terkoneksi ke internet tanpa melalui wifi atau hotspot, melainkan kita bisa mencoba mengkonfigurasi sendiri menggunakan router dan perangkat jaringan lainnya agar kita juga dapat memahami dunia Networking dan jaringan.
Referensi 
https://id.wikipedia.org/wiki/Point-to-Point_Protocol
 
Sekian yang dapat saya shering hari ini semoga dapat bermanfaat bagi kalian , dan apa bila ada yg kurang tolong dilengkapi saja karna saya juga evaluasi jadi kekurangan saya apa kalian bisa membantu untuk saya mengatasinya. Sekian dan selamat beraktifitas kembali.
WASSALAMUALIKUM Wr.Wb

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //