WELCOME TO MY BLOG Mikrotik Basic Configuration (Conect To Internet) SRI MUHARNIK: Mikrotik Basic Configuration (Conect To Internet)

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Selasa, 20 Februari 2018


ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb
 
Selamat Sore , di sore hari ini saya akan memosting mengenai Konfigurasi Dasar Mikrotik silahkan di pahami dan dikoreksi ya apabila ada yg tidak sesuai dengan cara kalian, mengkonfigurasi basic mikrotik ini sekalian kita evaluasi bersama.
PENGERTIAN
Pengertian MikroTik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di Latvia, yang dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins. atau juga bisa diartikan Mikrotik adalah salah satu vendor baik hardware dan software yang menyediakan fasilitas untuk membuat router. Salah satunya adalah Mikrotik Router OS, ini adalah Operating system yang khusus digunakan untuk membuat sebuah router dengan cara menginstallnya ke komputer. Fasilitas atau tools yang disediakan dalam Mikrotik Router Os sangat lengkap untuk membangun sebuah router yang handal dan stabil.
LATAR BELAKANG
Sejarah Mikrotik
Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova.
Dan latar belakang saya memosting artikel ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan saya dan sekaligus shering kepada kalian.
Maksud dan Tujuan
agar kita bisa terkoneksi ke internet.
ALAT DABN BAHAN
Mikrotik
Kabel Straight
Laptop
Tahap Pelaksanaan
pertama kita ke network connections untuk menambahkan ip atau sebagai jalur penghubung antara laptop ke mikrotik kita, kita pilih Ethernet lalu Create.

Lalu kita buat ip statik masukkan ip yg satu subnet atau satu network dengan ip router kita misalkan ip address 192.168.88.2 dengan netmask 24 dengan ip gateway 192.168.88.1 jangan lupa di save.
 
lalu kita lakukan hal yg sama seperti di atas namun kita kali ini membuat yg Automatic DHCP agar kita bisa secara otomatis mendapatkan ip addressnya.


Lalu kita konekkan ke ip static untuk membuka winbox kita.. bagi pengguna linux kalian bisa menginstall wine terlebih dahulu untuk membuka winbox yg memiliki format exe.



Lalu klik dua kali aplikasi winbox kalian untuk router board bagi kalian yg memilih router OS kalian bisa mengkonfigurasi router kalian melalui ssh atau telnet di terminal atau melalui webfig di browser.
  
Apabila kalian pernah menyeting router kalian maka alangkah baiknya apabila kalian mereset router kalian terlebih dahulu , kalian bisa mereset router kalian dengan membuka new terminal lalu ketikan sys reset lalu ketikan y. 
tunggu sebentar lalu Reconnet dan Remove Configuration.



Saya kan anak prakerin jadi biasanya saya mengkonfigurasi itu bareng dengan anak-anak magang yg lainnya ,jadi agar gk salah remote kita berikan nama identity ke mikrotik kita yaitu dengan cara klik system lalu klik Identity.
Setelah itu kita berikan nama ke mikrotik kita misal RB-941-BLC2 lalu kita Apply dan OK.

Lalu kita masuk ke IP > Address.
 
Lalu kita masukkan ip gateway kita sebagai jalur penghubung antara router ke laptop kiata misalkan Address192.168.88.1/24 interface nya ether 2 karena kabel yg menghubungkan router kita ke laptop tertancap ke ethernet2, jangan lupa di apply lalu ok.
 

 
Selanjutnya kita masuk ke IP > DHCP Client.
 
Lalu kita Add interface nya ether 1 kenapa ether 1 karena kita sebagai client yg ingin mendapatkan koneksi internet dari server yg kita hubungkan dari switch ke router kita di ethernet 1, kita apply lalu ok.

Selanjutnya kita tunggu sampai bound, kalau sudah bound berarti kita sudah mendapatkan ip otomatis dari si server.


Selanjutnya kita buat DHCP Server, kita masuk ke IP> DHCP Server DHCP Setup interface ethernet2 lalu kita next.

Next

Next

 
Next

 Next

OK

Apabila success maka selesailah DHCP Server kita,
Lalu kita masuk ke IP > DNS jangan lupa kita centang Alow Remote Requests agar server bisa mendeteksi dan bisa memberi akses internet ke router kita. Jangan lupa di apply lalu ok.
 
Selanjutnya kita masuk ke IP > Firewall kita pilih NAT lalu kita Add Action nya masquerade fungsi dari masquerade sendiri adalah sebagai topeng.

Lalu ke General Out Interface ether 1.

untuk memastikan apakah router kita sudah terhubung ke internet kita bisa ke New Terminal lalu ping 8.8.8.8.

Untuk memastikannya lagi kita bisa ping google.com
selanjutmya kita ubah koneksi kita dari static ke DHCP gar laptop kita juga bisa terhubung ke internet.




Kita dapat memastikan apakah laptop kita sudah terhubung ke internet atau belum, kita bisa uji dengan membuka terminal yg di laptop kita lalu kita ping 8.8.8.8

selanjutnya kita coba buka Browser dan coba buka google.com apabila bisa berarti konfigurasi kita sudah berhasil.


Hasil yang saya dapatkan yaitu saya bisa terkoneksi ke internet dengan lancar.

Temuan permasalahan saya yaitu biasanya di physicalnya yg kurang mendukung dan terkadang saya juga sering lupa dengan konfigurasi yg sedang saya lakukan.
Kesimpulan yg saya dapatkan yaitu bahwa kita bisa mengkonfigurasi router kita agar kita bisa internetan dengan lancar karena kalau menggunakan wifi itu akan mengakibatkan rebutan ip dan biasannya kita bisa konek dan kadang kita tidak konek dan mengakibatkan bandwidth tidak beraturan, dan saya akan mengulangi knfigurasi ini sebanyak 20 kali supaya saya bisa lebih paham menapa saya melakukan konfigurasi ini dan bisa mengatasi troobleshoot, dan kalian juga wajib mencoba 20 kali ya.

Sekian yang dapat saya shering hari ini semoga dapat bermanfaat bagi kalian , dan apa bila ada yg kurang tolong dilengkapi saja karna saya juga evaluasi jadi kekurangan saya apa kalian bisa membantu untuk saya mengatasinya. Sekian dan selamat sore.



WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb



// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //