WELCOME TO MY BLOG Memblokir Situs Menggunakan Layer 7 Protokol Mikrotik SRI MUHARNIK: Memblokir Situs Menggunakan Layer 7 Protokol Mikrotik

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Kamis, 22 Februari 2018

ASSALAMUALIKUM Wr.Wb





Kemarin kan saya konfigurasi point-to-point connect to internet, sekarang saya akan memosting konfigurasi memblokir situs menggunakan layer 7 protokol sebelum mengkonfigurasi setting dulu router kalian sampai connect ke internet, Baiklah silahkan di simak dan di review ya.

PENGERTIAN
 Layer 7 Protokol adalah sebuah fitur yg terdapat yg terletak pada firewall, fitur ini biasa digunakan untuk menambahkan nama atau script yg dituju. Sebenarnya memblokir situs juga bisa menggunakan web proxy namun saya akan mencoba menggunakan yg layer 7 protokol terlebih dahulu.

Latar Belakang
 Latar belakang saya ingin bisa memblokir situs menggunakan mikrotik  yaitu saya ingin memblokir situs-situs yg berbau porno atau negatif supaya internet sehat bisa diterapkan di indonesia.

Alat Dan Bahan
  • Mikrotik
  • Laptop
  • Kabel UTP (straight)
Tahap Pelaksanaan

Buka dulu situs yg mau kalian blokir , misalnya saya akan mencoba memblokir situs YAHOO.

Selanjutnya kalian masuk ke IP > Firewall > Layer 7 Protokol

Lalu kita Add Masukan Name nya terserah kalian disini saya memberikan nama Yahoo , lalu ketikan alamat yg mau kalian blok misalnya www.yahoo.com jangan lupa di apply lalu ok.

Selanjutnya kita ke Filter Rules kita add lalu kita ke Advanced kita klik layer 7 protokol, lalu kita ke Action kita pilih drop lalu kita apply dan ok.







Selanjutnya kita coba buka browser kita buka yahoo apabila loadingnya lama atau bahkan tidak bisa terbuka maka konfigurasi kita telah berhasil kita bisa bandingkan dengan kita membuka google dan google nya sudah bisa terbuka dan koneksi nya juga lancar namun yahoo nya loading lama padahal pertamanya bisa terbuka dengan cepat kalau kalian tidak percaya bisa kalian buktikan sendiri.


Hasil yang saya dapatkan yaitu saya dapat memblokir situs sementara.
Temuan permasalahan saya yaitu saya agak bingung dengan konfigurasi ini saya inginnya bisa memblokir situs selamannya namun yg berbau negatif loh ya, tapi disini saya hanya bisa memblokir situs sementara apabila kalian ada saran mohon untuk sharing loh ya ok.
Kesimpulan yg saya dapatkan, ternyata fitur di router mikrotik dapat digunakan untuk memblokir situs, ini sangat bermanfaat sekali apabila kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, misalnya kita bisa memblokir situs-situs yg merusak indonesia , budayakan internet sehat.

Sekian yg dapat saya sheringkan hari ini semoga dapat bermanfaat untuk kalian dan semoga saya juga dapat mereview diri saya sendiri, karena manusia tidak ada yg sempurna karna kesempurnaan yg haqkiki hanyalah milik Allah s.w.t apabila ada yg lebih mengerti mengenai konfigurasi ini bisa kalian sheringkan di komentar ya.

WASSALAMUALIKUM Wr.Wb

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //