WELCOME TO MY BLOG Konfigurasi Ethernetchannel PAGP SRI MUHARNIK: Konfigurasi Ethernetchannel PAGP

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 14 Februari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb


Selamat Sore kali ini saya akan memosting kegiatan saya hari ini yg sudah dipandu oleh kakak trainerr cisco dan hari ini di beri 2 macam topologi, langsung saja kita lihat OK.

Pengertian
 
PAGP
ini adalah propietary cisco (Standar Cisco). Karena kita menggunakan tipe PAGP, pastinya konfigurasinya berbeda walaupun tidak terlalu jauh berbeda. Jika pada tipe LACP menggunakan mode Active maka pada tipe PAGP kita akan menggunakan mode Desirable. Dan juga tidak semua switch bisa menggunakan mode PAGP ini, hanya beberapa saja.

Latar Belakang
 Latar belakang saya memosting ini adalah untuk evaluasi diri saya dan juga untuk sherring ilmu pengetahuan baru kepada kalian.
Maksud & Tujuan
 
Agar bisa mengetahui Cara konfigurasi Ethernetchannel PAGP, dan mengetahui tujuan dari konfigurasi tersebut.

Alat & Bahan

  • PC/ Laptop
  • Koneksi Internet
  • Modul CCNA
  • Cisco Packet Tracer 7.0
    Tahap Pelaksanaan

    • pertama buat topologinya terlebih dahulu, kali ini saya membuat topologi yang simple, Seperti dibawah ini :
                                                           


  • Buka CLI switch yang pertama, Lalu ketikkan Command seperti dibawah ini :
    Switch> Ena
    Switch# Conf t
    Switch(config)# int ra fa0/1-2
    Switch(config-if-range)# channel-group1 mode desirable
  • Setelah itu kita konfig switch yang satunya, dengan command seperti dibawah ini:
    Switch> Ena
    Switch# Conf t
    Switch(config)# int ra fa0/1-2
    Switch(config-if-range)# channel-group1 mode desirable
  • Untuk verifikasi etherchannel bisa menggunakan command berikut
    Switch# Sh ethernetcahnnel summary
  • Referensi: dari Trainerr CCNA
     Sekian yg dapat saya evaluasi dan saya sheringkan hari ini semoga dapat bermanfaat.
    WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //