WELCOME TO MY BLOG How To Install Oracle Java 8 On Linux Mint SRI MUHARNIK: How To Install Oracle Java 8 On Linux Mint

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Sabtu, 17 Februari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb


Selamat sore kawan kali ini saya akan memberikan tutorial untuk menginstall java 8 di linux mint kalian.
PENGERTIAN
Java adalah bahasa pemrograman terpopuler di dunia.


Latar Belakang
 Latar Belakang saya menginstall aplikasi ini yaitu agar saya bisa mengikuti  ujian cisco di Netacad.


Maksud dan Tujuan
  Agar dapat mengikuti ujian Cisco / Netacad


Hasil yang Saya Diharapkan
   Bisa digunakan dan lancar saat mengikuti ujian cisco.


ALAT dan BAHAN

  • Laptop
  • Koneksi internet
Jangka Waktu Pelaksanaan
      15 Menit, tergantung koneksi dan kecepatan Internetkalian masing-masing.

Tahap Pelaksanaan Kegiatan
Pertama pastikan bahwa linux kalian sudag yg ter up date.
 

Buka terminal (Ctrl + Alt + T) dan jalankan perintahnya:  

sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/java

Ketik kata sandi Anda  dan tekan Enter.

 Jalankan perintah untuk memperbarui indeks paket sistem dan instal skrip installer Java:

sudo apt update; sudo apt install oracle-java8-installer





Anda bisa mengganti oracle-java8-installer dengan oracle-java9-installer untuk menginstal Java 9.
Sementara proses instalasi, Anda harus menerima lisensi Java untuk terus mendownload & menginstal binari Java.

Untuk memeriksa versi Java setelah menginstal paket, jalankan perintah:

javac -version





PPA juga berisi paket untuk mengatur variabel lingkungan Java secara otomatis, jalankan perintah:

sudo apt install oracle-java8-set-default




 Untuk Java 9, instal paket oracle-java9-set-default .

Hasil Yg Saya Dapatkan yaitu saat saya ujian dan dapat soal PT saya dapat membukannya, karena dapat dianggil oleh aplikasinnya.

Kesimpulan
        Dalam memasang aplikasi ataupun menambahkan repository yang di butuhkan aplikasi, usahakan selalu teliti. kerna salah satuhuruf saja dapat mempengaruhinya.

Sekian yg dapat saya sheringkan hari ini semoga bermanfaat.

WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

 

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //