WELCOME TO MY BLOG Apa Itu Server? SRI MUHARNIK: Apa Itu Server?

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Sabtu, 07 April 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb


Selamat sore, Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan server? Pada hari ini, saya akan mengulas tentang Apa yang dimaksud dengan Server.

PENGERTIAN

Server (dalam bahasa indonesia PALADEN) merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. 

LATAR BELAKANG

Umumnya, di dalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klien/server. 

ALAT DAN BAHAN

Laptop dan koneksi internet

  MAKSUD DAN TUJUAN

Agar pembaca dapat memahami tentang apa yang dimaksud dengan server.

JANGKA WAKTU PELAKSAAN

Tergantung dengan Tingkat kemampuan Pemahaman.  

PEMBAHASAN


Didalam sistem operasi server terdapat berbagai macam layanan yang menggunakan arsitektur klien/server. Contoh dari layanan ini adalah Protokol Konfigurasi Hos Dinamik, peladen surat (Mail Server), PTH Server, DNS Server, dan lain sebagainya.

Setiap sistem operasi server umumnya berisi layanan-layanan tersebut, meskipun pihak ketiga dapat juga membuat layanan tersendiri. Setiap layanan tersebut akan menanggapi permintaan dari klien. Sebagai contoh, klien PKHD akan memberikan permintaan kepada server yang menjalankan layanan peladen PKHD; ketika sebuah klien membutuhkan alamat IP, klien akan memberikan permintaan kepada server, dengan bahasa yang dipahami oleh peladen PKHD, yaitu protokol PKHD itu sendiri.

Contoh sistem operasi server adalah Windows NT 3.51, dan dilanjutkan dengan Windows NT 4.0. Saat ini sistem yang cukup populer adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, kemudian Sun Solaris, Unix, dan GNU/Linux.
Peladen biasanya terhubung dengan klien dengan kabel UTP dan sebuah kartu jaringan. Kartu jaringan ini biasanya berupa kartu PCI atau ISA.

KESIMPULAN

Pembaca dapat memahami artikel tentang Apa yang dimaksud dengan server.  

REFERENSI:
Wikipedia


Sekian yang dapat saya sheringkan dan evaluasi hari ini, semoga pembahasan ini dapat bermanfaat.

WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb  

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //