WELCOME TO MY BLOG REVIEW CISCO NETWORKING ACADEMY CHAPTER 9 SRI MUHARNIK: REVIEW CISCO NETWORKING ACADEMY CHAPTER 9

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Sabtu, 03 Februari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb



Selamat malam kawan, kali ini saya akan mengevaluasi materi yg sudah saya dapatkan selama mengikuti sertifikasi CCNA hari ini.

Troublesshooting

Pengertian 
pengujian adalah proses melakukan uji coba suatu perangkat atau suatu benda apakah perangkat itu dalam keadaan baik atau tidak.Penyelesaian masalah ialah proses atau tahapan menyelesaikan masalah saat ada suatu konflik atau problem dalam melakukan kegiatan.

Latar Belakang

Latar Belakang saya mengevaluasi materi ini yaitu agar saya selalu ingat dan semakin memahaminya, dan juga untuk berbagi pengetahuan kepada kalian.

 Maksud dan Tujuan
Agar saya bisa lebih faham dan semakin faham.

 Alat dan Bahan
Laptop
Modul chapter 9 Training CCNA.

Proses dan Tahapan
a. melakukan pengujian saat perangkat tidak bekerja
mengidentifikasi Proses Trobeshooting, proses trobleshooting merupakan pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan.
Mengupulkan informasi, dari proses troubleshooting itu dokumen penting dicacat ,agar nantinya jika individual melaporkan masalah kita bisa bergagi pengalaman dengan pengguna yang terkena masalah. Mengumpulkan informasi tentang peralatan apapun yang mungkin terkenak dampak.
Pendekatan ke Trobeshooting :
top-Dwon yakni pendekatan Pendekatalah konektivitas
an top-down merupakan analisa "gambaran secara garis besar" (the big picture). Dengan pendekatan ini, manajer investasi menganalisa kondisi makroekonomi dan kemudian berdasarkan analisanya tersebut ia kemudian memperkirakan sektor atau industri mana saja yang akan menghasilkan imbal hasil terbaik dalam kondisi makroekonomi tersebut. Setelah memilih sektor-sektor unggulan, manajer investasi kemudian akan menganalisa emiten-emiten yang terdapat dalam sektor-sektor unggulan tersebut dan memilih mana yang terbaik.
Divide-and conquer mempunyai arti divide Membagi masalah menjadi beberapa upa-masalah yang memiliki kemiripan dengan masalah semula namun berukuran lebih kecil (idealnya berukuran hampir sama). Conquer Memecahkan (menyelesaikan) masing-masing upa-masalah (secara rekursif).
Bottom up Adalah teori yang mengajukan gagasan bahwa proses pengenalan suatu objek diawali dengan indentifikasi kita terhadap bagian-bagain spesifik dari suatu objek yang kita amati, yang menjadi landasan bagi pengenalan objek tersebut secara kesuluruhan.
Trian and error 
trial and error (uji plural dan kesalahan) Proses menemukan solusi untuk masalah dengan mencoba berbagai kemungkinan solusi dan belajar dari kesalahan sampai cara ditemukan. Navigasi dengan trial and error dapat membuat Anda di sana pada akhirnya, tetapi menggunakan peta lebih cepat.

Substitution adalah cara tercepat untuk menyelesaikan masalah yakni dengan mengganti modul baru jika alat yang lama terjadi error atau problem

b. Mengatasi masalah jaringan
Mendeteksi masalah fisik menggunakan panca indra seperti penglihatan, pendengaran, penciuman dan peraba.
Mendeteksi masalah fisik mengunakan software dan utility seperti ipconfig, ping, nestast,tracers, nslookup.
 
c. Menguji konekfitas jaringan mengunakan ping apakah host tujuan sudah tercapai dan hasil dari ping Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada aplikasi di host tujuan.
Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
Jika ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.
Mengidenfikasi keaktifan koneksi Netstat mencantumkan protokol yang digunakan.
Mengatasi Masalah DNS
Utilitas nslookup memungkinkan pengguna untuk mencari informasitentang nama DNS tertentu di serverDNS.
d. Mengidentifikasi dan memperbaiki mengatasi masalah umum
  • Masalah konektivitas
Divide and Conquer
Ping dari klien wireless ke default gateway
Ping dari klien berkabel ke default gateway
Ping dari klien wireless ke klien berkabel
Bottom Up
Memeriksa LED
LED mungkin berubah warnaatau flash untuk menyampai-kan informasi
Masalah Perkabelan
Pastikan untuk menggunakan jenis kabel yang benar.
Hentikan kabel melalui standar penghentian T568A atau T568B. 
Jangan melebihi panjang kabel maksimum yang dilewati.
Pastikan port yang benar sedang digunakan.
Lindungi kabel dan konektor dari kerusakan fisik.
Memecahkan masalah Wireless
  • Penyebab Masalah Wireless
Tidak semua standar wireless itu kompatibel.
Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih
Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.
Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
SSID harus sesuai dengan AP dan klien.
Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.
  • Masalah DHCP dan ip alamat
Kesalahan Konfigurasi Server DHCP
Informasi tabel klien harus sesuai dengan informasi host lokal
Melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP
Interface LAN dari router wireless harus ditetapkan sebagai default gateway.
  • Masalah DHCP dan ip config
Kenapa tidak bisa terkoneksi internet..?
hal yang harus dilakukan:
periksa halaman status router
periksa semua koneksi fisik dan indikator LED
dan sekarang cobalah hubungkan kembali koneksinya.

  • Masalah DHCP dan Alamat ip ( cont)
    mengapa kita tidak bisa terkoneksi ke internet?
    Lalu bagamana cara mengatasinya :
    a. periksa halaman statur router.
    b. periksa semua koneksi fisik dan indikator LED.
    c. Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya.
    Atau memungkinkan itu di firewal , coba periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP open dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke port itu.
    Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah.
  • Menggunakan sumber luar untuk Bantuan
    mungkin kita perlu meminta atau mendapatkan bantuan dari sumber luar.
    Untuk waktunya kita mungkin perlu menghubungi dukungan vendor atau ISP untuk mendapatkan bantuan.
    Menggunakan meja dukungan , penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak mungkin suatu infoemasi.
  • Menjaga Cacatan dan nama baik
    _ Menyelesaikan Masalah
    mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
    Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan.
    _Tiket dan tata kerja
    saat pelanggan mengidentifikasi siipa mereka, si teknisi mengakses pelanggan yang relavan informasi.
    Informasi dipindahkan ke subuah tiket masalah atau laporan kejadian.
    Bila diperlukan panggilan di tempat informasi tiket bermasalah bisa dikonversikan menjadi sebuah perintah kerja.
Hasil yang didapatkan
saya bisa mengerti dan sedikit faham tentang bagaimana proses dan tahapan troublesshooting.


Referensi:
 

Module CCNA Chapter 9 ( s.id/17pM )


Sekian yg dapat saya sheringkan hari ini semoga ini dapat bermanfaat.

WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb 

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //