WELCOME TO MY BLOG Apa Itu Cisco Packettracer SRI MUHARNIK: Apa Itu Cisco Packettracer

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Kamis, 08 Februari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb





 Selamat Malam kawan, kali ini saya akan mempublikasikan apa yang ingin saya ketahui dan ingin saya pahami yaitu Apa sih packettracer itu dan untuk apa sih? nah mari kita baca-baca OK.

Pengertian

  
Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems  dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Latar Belakang

 Latar Belakang saya ingin mempublikasikan postingan ini yaitu agar bukan hanya saya yg harus tahu mengenai apa sih cisco packettracer itu dan untuk apa sih, jadi saya juga ingin shering sekaligus mengevaluasi diri saya.

Fitur Packet Tracer

Packet Tracer terbaru yaitu versi 6.2. Dalam versi ini dapat mensimulasikan Applicatiion Layer Prtcols , Routing dasar RIP, OSPF, dan EIGRP, sampai tingkat yang dibutuhkan pada kurikulum CCNA yang berlaku, sehingga bila dilihat sekilas software ini bertujuan untuk kelas CCNA.
Taget Packet Tracer yaitu menyediakan simulasi jaringan yang real, namun terdapat beberapa batasan berupa penghilangan beberapa perintah yang digunakan pada alat aslinya yaitu pengurangan command pada Cisco IOS. Dan juga Packet Tracer tidak bisa digunakan untuk memodelkan jaringan produktif/aktif. Dengan keluarnya versi 6, beberapa fitur ditambahkan, termasuk fitur BGP. BGP memang bukan termasuk kurikulum CCNA, akan tetapi termasuk kurikulum CCNP.

Digunakan di pendidikan

Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches.
 Packet Tracer dapat dijalankan di iOS, Linux dan Microsoft Windows. Aplikasi Android serupa dan IOS juga tersedia. Packet Tracer memungkinkan pengguna membuat topologi jaringan simulasi dengan menyeret dan menjatuhkan router, switch dan berbagai jenis perangkat jaringan lainnya. Sambungan fisik antar perangkat diwakili oleh item "kabel". Packet Tracer mendukung serangkaian protokol Application Layer yang  disimulasikan, serta perutean dasar dengan RIP , OSPF , EIGRP , BGP , hingga luasan yang dibutuhkan oleh kurikulum CCNA saat ini. Pada versi 5.3, Packet Tracer juga mendukung Border Gateway Protocol  .
Selain mensimulasikan aspek tertentu dari jaringan komputer , Packet Tracer juga bisa digunakan untuk kolaborasi. Seperti Packet Tracer 5.0, Packet Tracer mendukung sistem multi-user yang memungkinkan beberapa pengguna menghubungkan beberapa topologi bersama melalui jaringan komputer . Packet Tracer juga memungkinkan instruktur untuk membuat aktivitas yang harus diselesaikan siswa.  Packet Tracer sering digunakan dalam setting pendidikan sebagai alat bantu belajar. Cisco Systems mengklaim bahwa Packet Tracer berguna untuk eksperimen jaringan.

Peran dalam Pendidikan

Packet Tracer memungkinkan siswa merancang jaringan yang kompleks dan besar, yang seringkali tidak layak dengan perangkat keras fisik, karena biaya.  Packet Tracer biasanya digunakan oleh mahasiswa CCNA Academy, karena tersedia untuk mereka secara gratis.  Namun, karena keterbatasan fungsional, ini dimaksudkan oleh CISCO untuk digunakan hanya sebagai alat bantu pembelajaran, bukan pengganti router dan switch Cisco. Aplikasi itu sendiri hanya memiliki sejumlah kecil fitur yang ditemukan di dalam perangkat keras yang sebenarnya yang menjalankan versi Cisco IOS saat ini. Dengan demikian, Packet Tracer tidak sesuai untuk memodelkan jaringan produksi. Ini memiliki satu set perintah yang terbatas, artinya tidak mungkin mempraktikkan semua perintah IOS yang mungkin diperlukan.
Packet Tracer dapat berguna untuk memahami konsep jaringan abstrak , seperti Enhanced Interior Gateway Routing Protcol dengan menghidupkan elemen-elemen ini dalam bentuk visual .  Packet Tracer juga berguna dalam pendidikan dengan menyediakan komponen tambahan, termasuk sistem authoring, simulasi protokol jaringan dan peningkatan pengetahuan sistem penilaian.
 

Referensi :https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

                https://en.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer

Sekian yg dapat saya publikasikan di blg saya, Semoga dapat bermanfaat untuk kalian OK.

WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb 

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //