WELCOME TO MY BLOG Apa Itu VirtualBox SRI MUHARNIK: Apa Itu VirtualBox

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Selasa, 16 Januari 2018

ASSALAMUALAIKUM Wr.Wb


 Selamat malam kawan, kali ini saya akan mempublikasikan apa itu VirtualBox kenapa? karena saya ingin tau apa itu VirtualBox sebelum saya menggunakannya untuk mengkonfigurasi, sekalian evaluasi OK.

Pengertian
 
Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi , yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi Linux yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.
Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris.

Latar Belakang
  VirtualBox pertamakali dikembangkan oleh perusahaan Jerman (Innotek GmbH). Pada February 2008, Innotek GmbH diakusisi oleh Sun Microsystems. . dan menjadi milik Oracle saat pengakuisisian Sun Microsystems.

 VirtualBox awalnya ditawarkan oleh Innotek GmbH dari Weinstadt, Jerman , di bawah lisensi perangkat lunak berpemilik , membuat satu versi produk yang tersedia tanpa biaya untuk penggunaan pribadi atau evaluasi, dengan menggunakan VirtualBox Personal Use and Evaluation License (PUEL).  Pada bulan Januari 2007, berdasarkan nasihat olehLiSoG , Innotek GmbH merilis VirtualBox Open Source Edition (OSE) sebagai Perangkat lunak open source gratis, sesuai dengan persyaratan GNU General Public Licencse  (GPL), versi 2. 
Innotek GmbH juga berkontribusi terhadap pengembangan dukungan OS / 2 dan Linux di virtualisasi dan port OS / 2 produk dari Connectix  yang kemudian diakuisisi oleh Microsoft  . Secara khusus, Innotek mengembangkan kode "penambahan" di Microsoft Virtual PC dan Microsoft Virtual Server , yang memungkinkan berbagai interaksi host-guest OS seperti clipboard bersama atau ukuran tampilan viewport dinamis.
  Sun Microsystem mengakuisisi Innotek pada bulan Februari 2008. Oracle Corporation mengakuisi Sun pada bulan Januari 2010 dan merekayasa ulang produk tersebut sebagai "Oracle VM VirtualBox".

Dan Latar Belakang saya memosting postingan ini yaitu  agar saya mengerti apa sih itu VirtualBox? dan untuk apa sih VirtualBox itu?
Software berbasis virtualisasi
Dengan tidak adanya virtualisasi dengan bantuan perangkat keras, VirtualBox menerapkan pendekatan virtualisasi berbasis perangkat lunak  standar. Mode ini mendukung OS tamu 32-bit yang berjalan pada deringan 0 dan 3 arsitektur cincin Intel.
  • Sistem akan mengkonfigurasi ulang kode OS tamu, yang biasanya berjalan di ring 0, untuk dijalankan di ring 1 pada perangkat keras host. Karena kode ini berisi banyak instruksi istimewa yang tidak dapat dijalankan secara native di ring 1, VirtualBox menggunakan Code Scanning and Analysis Manager (CSAM) untuk memindai kode ring 0 secara rekursif sebelum eksekusi pertama untuk mengidentifikasi instruksi bermasalah dan kemudian memanggil Patch Manager (PATM) untuk melakukan in-situ patching. Ini menggantikan instruksi dengan lompatan ke fragmen kode kompilasi setara dengan VM-safe dalam memori hypervisor.
  • Kode mode pengguna tamu, yang berjalan di ring 3, umumnya berjalan langsung pada perangkat keras host di ring 3.
Dalam kedua kasus tersebut, VirtualBox menggunakan CSAM dan PATM untuk memeriksa dan menambal instruksi yang menyinggung setiap kali terjadi kesalahan. VirtualBox juga berisi recompiler dinamis , berdasarkan QEMU untuk mengkompilasi ulang mode nyata atau kode mode yang dilindungi sama sekali (misalnya kode BIOS, tamu DOS, atau startup sistem operasi)
Dengan menggunakan teknik ini, VirtualBox dapat mencapai kinerja yang sebanding dengan VMware.
Virtualisasi dengan bantuan perangkat keras
VirtualBox mendukung kedua Intel 's VT-x dan AMD 's AMD-V hardware-virtualisasi. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, VirtualBox dapat menjalankan setiap VM tamu di ruang alamatnya yang terpisah; OS guest ring ring 0 berjalan pada host pada ring 0 di mode non-root VMX daripada di ring 1.
VirtualBox mendukung beberapa tamu (termasuk tamu 64-bit, tamu SMP dan beberapa OS berpemilik tertentu) hanya di host denganvirtualisasi bantuan perangkat keras.

Perangkat virtualisasi
Sistem mengemulasi hard disk dalam satu dari tiga format gambar disk:
  1. VDI : Format ini adalah VirtualBox- VirtualBox Disk Image dan menyimpan data dalam file yang mengandung ekstensi ".vdi" filename .
  2.   VMDK: Format Terbuka ini digunakan oleh produk VMware seperti VMware Workstation dan VMware Player. Ini menyimpan data dalam satu atau lebih file dengan judul ekstensi ".vmdk". Sebuah hard disk virtual tunggal mungkin mencakup beberapa file.
  3.   VHD : Format ini digunakan oleh Windows Virtual PC, dan merupakan format disk virtual asli dari sistem operasi mICROSOFT Windows , dimulai dari Windows 7 dan Windows Server 2008 R2 . Data dalam format ini disimpan dalam satu file dengan ekstensi ".vhd" filename.
Sebuah mesin virtual VirtualBox dapat, oleh karena itu, menggunakan disk yang sebelumnya dibuat di VMware atau Microsoft Virtual PC, serta format aslinya sendiri. VirtualBox juga dapat terhubung ke target iSCSI dan partisi mentah pada host, menggunakan hard disk virtual. VirtualBox mengemulasikan IDE (pengendali PIIX4 dan ICH6), pengontrol SCSI , SATA (ICH8M controller) dan SAS yang hard drivenya dapat dilampirkan.
VirtualBox telah mendukung Open Virtualization Format (OVF) sejak versi 2.2.0 (April 2009) .
Citra ISOdan perangkat fisik host-connected dapat dipasang sebagai drive CD / DVD. Misalnya, gambar DVD dari distribusi Linux dapat didownload dan digunakan langsung oleh VirtualBox.
Secara default, VirtualBox menyediakan dukungan grafis melalui kartu grafis virtual khusus yang kompatibel dengan VESA . Penambahan Tamu untuk tamu Windows, Linux, Solaris, OpenSolaris, atau OS / 2 termasuk pengandar video khusus yang meningkatkan kinerja video dan mencakup fitur tambahan, seperti menyesuaikan resolusi tamu secara otomatis saat mengubah ukuran jendela VM  atau komposisi desktop melalui driver WDDM virtual.
Untuk adaptor jaringan Ethernet , VirtualBox virtualizes Network Interface Cards ini : 
  • AMD PCnet PCI II (Am79C970A)
  • AMD PCnet-Fast III (Am79C973)
  • Desktop Intel Pro / 1000 MT (82540EM)
  • Server Intel Pro / 1000 MT (82545EM)
  • Server Intel Pro / 1000 T (82543GC)
  • Adaptor jaringan paravirtualized (virtio-net)
Kartu jaringan yang ditiru memungkinkan sebagian besar OS tamu berjalan tanpa perlu menemukan dan menginstal driver untuk perangkat keras jaringan karena dikirim sebagai bagian dari OS tamu. Adaptor jaringan paravirtualized khusus juga tersedia, yang meningkatkan kinerja jaringan dengan menghilangkan kebutuhan untuk mencocokkan antarmuka perangkat keras tertentu, namun memerlukan dukungan driver khusus pada tamu. (Banyak distribusi kapal Linux dengan driver ini disertakan.) Secara default, VirtualBox menggunakan NAT melalui perangkat lunak Internet untuk pengguna akhir seperti Firefox atau ssh yang dapat beroperasi. Jaringan Terjembatani melalui host network adapter atau jaringan virtual antar tamu juga bisa dikonfigurasi. Hingga 36 adapter jaringan dapat dipasang bersamaan, namun hanya empat yang dapat dikonfigurasi melalui antarmuka grafis.
Untuk kartu suara, VirtualBox memvirtualisasikan perangkat Intel HD Audio, Intel ICH AC'97 dan SoundBlaster 16.
Pengontrol USB 1.1 ditiru sehingga setiap perangkat USB yang terpasang pada host dapat dilihat pada tamu. Paket ekstensi eksklusif menambahkan pengendali USB 2.0 atau USB 3.0 dan, jika VirtualBox bertindak sebagai server RDP, perangkat ini juga dapat menggunakan perangkat USB pada klien RDP jarak jauh seolah mereka terhubung ke host, walaupun hanya jika klien mendukung VirtualBox ini. Ekstensi khusus (Oracle menyediakan klien untuk klien tipis Solaris, Linux dan Sun Ray yang bisa melakukan ini, dan telah menjanjikan dukungan untuk platform lain di versi masa depan).
 

Set fitur
  • Tamu 64-bit (dukungan virtualisasi perangkat keras diperlukan)
  • Snapshots
  • Modus mulus - kemampuan untuk menjalankan aplikasi virtual berdampingan dengan aplikasi desktop biasa
  • Papan klip bersama
  • Folder bersama
  • Driver dan utilitas khusus untuk memudahkan perpindahan antar sistem
  • Interaksi command line (selain GUI)
  • API Publik ( Java , Python , SOAP , XPCOM ) untuk mengendalikan konfigurasi dan eksekusi VM.
  • Nested paging untuk AMD-V dan Intel VT (hanya untuk prosesor yang mendukung SLAT dan SLAT diaktifkan)
  • Dukungan terbatas untuk akselerasi grafis 3D (termasuk OpenGL sampai (tapi tidak termasuk) 3.0 dan Direct3D 9.0c melalui terjemahan Direct3D dari Wine ke OpenGL)
  • Dukungan SMP (hingga 32 CPU virtual per mesin virtual), sejak versi 3.0
  • Teleportasi (alias Live Migration )
  • Akselerasi video 2D (jangan sampai salah dengan akselerasi decoding video), sejak versi 3.1
  •   EFI telah didukung sejak versi 3.1 
 Fitur emulasi penyimpanan
  •  NCQ mendukung disk dan partisi mentah SATA , SCSI dan SAS
  • SATA disk hotplugging
  • Pass-through mode untuk slid-state drive .
  • Mode pass-through untuk drive CD / DVD / BD - memungkinkan pengguna memutar CD audio, membakar cakram optik, memutar disk DVD yang dienkripsi.
  • Dapat menonaktifkan host OS I / O chace
  • Memungkinkan pembatasan bandwitdth IO
  •   PATA, SATA , SCSI , SAS , iSCSI , pengontrol flopy disk
  • Enkripsi gambar disk menggunakan AES128 / AES256.

Keterbatasan
  • VirtualBox memiliki tingkat transfer yang sangat rendah dari dan ke perangkat USB2 .
  • Meskipun merupakan produk open source, beberapa fiturnya hanya tersedia dalam bentuk biner di bawah lisensi komersial (lihat "Paket Ekstensi VirtualBox" di bawah).
  • Perangkat USB3 melewati tidak didukung oleh OS tamu yang lebih tua seperti Windows Vista dan Windows XP karena kurangnya driver.
  • Penambahan Tamu untuk MacOS tidak tersedia saat ini.
  • Penambahan Tamu untuk Windows 9x ( Windows 95 , 98 dan ME ) tidak tersedia. Hal ini berakibat pada kinerja yang buruk karena kurangnya akselerasi grafis dengan mode warna default 16-bit ( perankat lunak pihak ketiga eksternal tersedia  untuk mengaktifkan dukungan mode warna 32-bit, sehingga menghasilkan lebih baik. kinerja  ).
  • Dukungan EFI untuk sistem tamu terbatas ( EFI tidak lengkap didukung - dukungan penuh untuk EFI atau dukungan untuk UEFI tidak tersedia). 
  • Hanya versi DirectX  dan OpenGL yang didukung sebelumnya (fitur ini dapat diaktifkan menggunakan opsi Percepatan 3D untuk setiap VM secara individual).
  •   Video RAM terbatas pada 128 MIB (256 MIB dengan 2D Video Acceleration diaktifkan) karena kesulitan teknis  (hanya mengubah GUI untuk memungkinkan pengguna mengalokasikan lebih banyak RAM Video ke VM atau mengedit file Konfigurasi VM secara manual. bekerja dan akan menghasilkan kesalahan fatal ).
Referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox
                    https://en.wikipedia.org/wiki/VirtualBox

 

 Sekian yg dapat saya publikasikan di postingan saya kali ini, semoga dapat kalian manfaatkan dengan sebaik mungkin.


WASSALAMUALAIKUM Wr.Wb

// Copyright © SRI MUHARNIK //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //